Selasa, 09 April 2013

Merawat Motor Agar Awet

Cara merawat motor – Motor yang baik adalah motor yang terawat dan enak dikendarai, motor yang terawat juga akan memiliki harga jual yang tinggi ketika hendak kita perjualkan. Namun banyak yang tidak tahu bagaimana merawat motor agar awet, banyak yang tanpa sadar sering melakukan hal- hal yang dapat mengurangi kualitas kendaraan mereka. Saya memiliki sebuah motor yang sudah berumur 8 tahun namun karena perawatan yang baik hingga saat ini kuaitas mesin motor tersebut masih tinggi dan memiliki harga jual yang tinggi.  Kali ini kami akan memberikan beberapa cara merawat motor agar tetap awet meski telah digunakan bertahun-tahun.
motor keren
Cara merawat motor
1. Perawatan di pagi hari
Saat hendak menggunakan motor anda sebaiknya dipanaskan dahulu mesinnya, hal ini berguna untuk membuat mesin menjadi awet. Cara memanaskan mesin motor juga jangan langsung menggunakan starter listriknya, melainkan gunakan dahulu starter kaki dalam keadaan kontak mati, setelah itu starter motor dalam kontak hidup, panaskan mesin motor selama 5- 10 menit dahulu sebelum digunakan. Jangan menggunakan starter listrik ketika memanaskan motor di pagi hari, hal tersebut dapat membuat suara mesin motor menjadi lebih keras dan tidak awet.

2. Pergantian oli berkala.
Banyak orang yang menyepelekan mengganti oli  motor dengan teratur, oli motor memiliki peran yang sangat penting bagi proses pembakaran pada mesin motor. Sebaiknya ganti secara rutin oli motor anda bila telah mencapai batas kilometer menjadi 1500 Km.

3. Menggunakan bensin berkualitas
Kualitas bensin mempengaruhi kualitas mesin motor anda, sebaiknya dalam mengisi bensin motor sebaiknya di tempat pengisian bensin yang dikelola oleh pemerintah. Selain memiliki kualitas baik, juga aman bagi kendaraan bermotor anda.

4. Gunakan onderdil asli
Bagi pecinta motor biasanya sangat menyukai mengganti onderdil motornya biar terlihat keren. Jika anda pun juga demikian sebaiknya gunakanlah onderdil yang asli , jangan gunakan onderdil imitasi. Motor yang baru pada onderdilnya adalaha yang paling baik, jadi buat apa mengganti onderdil bila tidak terlalu penting.

Itulah beberapa cara merawat motor yang paling mendasar dan sangat efektif terutama merawat mesin motor yang sangat berhaga. Melakukan perawatan motor seperti diatas setidaknya dapat membuat harga jual motor anda nantinya tidak terlalu jauh turun harganya



Kutipan: http://tikars.blogspot.com/2012/10/cara-merawat-motor-agar-awet.html#ixzz2Q1tu924W

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar