Wednesday 10 April 2013

Cara Menghilangkan Suara Dengungan pada Amplifier

Hehey jumpa lagi kawan stelah sekian lama tak berposting ria. Dikarenakan gk ada catatan. Namanya jg Blog Catatan Pribadi. Klo gk ada bahan ya gak dicatet.
Oke langsung aja, sesuai judul di atas . TRIK MENGATASI DENGUNG POWER AMPLI RAKITAN.
Power amplifier yang kita rakit kadang menimbulkan dengung kecil karena grounding yang kurang sempurna.
berikut ada beberapa cara untuk mengatasi dengung pada power amplifier:


1. Jauhkan rangkaian yang sensitif dari transformator,dimensi casing tidak terlalu kecil. Salah satu blog malah menganjurkan untuk memakai dua bok, satu bok khusus untuk transformator. Untukamplifier dengan trafo toroid atau trafo besar, sebaiknya hanya berisi rangkaian power ampli saja, tanpa tone control.

2. Rubah posisi transformator,sisi samping menjadi sisi bawah (trafo menjadi tinggi) dengan tulisan menghadap rangkaian yang sensitif
3. Gunakan spacer pada tiap papan PCB setinggi setengah tinggi trafo, misalkan setinggi 2,5cm atau lebih sehingga papan PCB sejajar dengan inti/pusat transformator, di sini efek medan terlemah.

4. Sebaiknya menggunakan satu modul stereo daripada dua modul mono ini untuk menghindari kesalahan pengkabelan. Jika terpaksa, usahakan ukuran kabel antara modul kanan dan kiri sama panjang dan sependek mungkin.

5. Sebaiknya ambil jalur ground untuk speaker dari ct elko bukan dari ct trafo,jika di papan pcb terpasang dua elko besar (seperti elko power supply), ambil jalur ground speaker dari sini!

6. Untuk power supply radio(TX ataupun rx) yang sangat sensitif, gunakan kapasitor 4x100nf, pasang 4 kapasitor ini dengan mem-parallel pada tiap dioda (bridge).

7. Pada rangkaian tone control IC op-amp yang menggunakan catu daya simetris,pemasangan kabel ground cukup diambil dari kabel ground signal saja. sebaiknya IC power supply (7812) dipasang dekat dengan power supply utama, bukan dipasang dekat tone control.

8. gunakan selalu kabel stereo yang terselubung sempurna (kabel stereo warna merah putih yang tertutu pground dan terbungkus kulit transparan.

9. Untuk power supply, gunakan kapasitor elko sebesar 2200uF per amper

10. Pastikan semua sambun ganground terhubung dengan baik.
Semoga membantu

3 comments:

  1. Beberapa blog yang saya buka ternyata isinya 100% sama, apakah ini hasil copas???????????????

    ReplyDelete
  2. yakin banget ini copas broo.....

    ReplyDelete